Komunikasi verbal asertif dalam ekstrakulikuler public speaking untuk Meningkatkan kemampuan berbicara siswa sd
Abstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya pengembangan keterampilan
berbicara pada siswa SD, yang meliputi kelancaran, kepercayaan diri,
kesopanan, dan efektivitas dalam menyampaikan pesan. Dalam hal ini,
ekstrakurikuler ini menggunakan strategi komunikasi verbal asertif
dalam ekstrakurikuler public speaking di SD Labschool Unesa 1,
Surabaya. Dengan pendekatan kualitatif dan desain deskriptif, dengan
mengamati kegiatan dan mewawancarai lima siswa, satu guru kelas,
dan satu guru pembina. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi
asertif seperti role-playing, afirmasi positif, diskusi kelompok, dan
simulasi berbicara efektif meningkatkan keberanian, kejelasan struktur
bicara, intonasi, serta kemampuan menyampaikan pendapat dengan
sopan dan percaya diri. Kesimpulannya, pendekatan komunikasi
verbal asertif mendukung peningkatan keterampilan berbicara siswa
secara holistik. Strategi ini disarankan agar terus dikembangkan dan
diintegrasikan dalam pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler
lainnya
Downloads

