Pengembangan media guess the priority untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam menentukan skala prioritas kebutuhan manusia kelas iv sekolah dasar
Abstract
Memasuki era society 5.0 dengan berbagai inovasi teknologi dan
barang-barang yang menarik serta memudahkan pekerjaan manusia,
pastinya akan mempengaruhi perekonomian seseorang dan muncul
perilaku konsumtif yang memicu berbagai perilaku negatif. Salah
satu Kabupaten di Indonesia yang memiliki gaya hidup konsumtif
ialah Kabupaten Trenggalek, ditemukan bahwa sekitar 60,5 % dari
mereka kerap kali membeli barang-barang yang tidak terlalu
dibutuhkan. Penelitian digunakan untuk mengatasi dan mencegah
gaya hidup konsumtif melalui pemikiran yang kritis pada mata
pelajaran IPS kelas IV SD tentang kebutuhan manusia dengan
mengembangkan media Guess the Priority yang memperhatikan
kevalidan, keefektifan, kepraktisan, dan daya tarik. Jenis penelitian
yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan, dan model
penelitian ADDIE dengan indikator berpikir kritis dari Facione.
Kevalidan media Guess the Priority mencapai 92% dengan kategori
sangat valid, keefektifan media sebesar 0,768 dengan kategori tinggi,
kepraktisan media mendapat nilai 70,8% dengan kategori cukup
praktis dan layak digunakan dengan revisi kecil, sedangkan daya
tarik media sebesar 75,6% dengan kategori menarik
Downloads

