Pengembangan e-modul membaca interaktif berbasis aplikasi canva untuk keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas i sekolah dasar

Authors

  • Neristin Zahranisa PGSD
  • Maryam Isnaini Damayanti

Abstract

Pengembangan e-modul membaca interaktif untuk keterampilan
membaca permulaan peserta didik kelas I sekolah dasar bertujuan
memberikan alternatif bahan ajar untuk menguatkan keterampilan
membaca permulaan kelas I sekolah dasar. Hal tersebut berdasarkan
masih ditemukannya peserta didik yang belum menguasai
keterampilan membaca permulaan saat berada di fase membaca
pemahaman sehingga diperlukan sebuah inovasi bahan ajar yang
menarik dan interaktif serta menggunakan metode membaca yang
tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) dengan model ADDIE. E-modul berbasis
aplikasi Canva menggabungkan elemen visual, audio, dan permainan
interaktif. Materi yang digunakan adalah kosakata suku kata ma-mi-
mu-me-mo.
Hasil penelitian menunjukkan e-modul membaca interaktif sangat
valid dengan hasil validasi 92,8% dari ahli media dan 94% dari ahli
materi. E-modul dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil angket
guru 98,7% dan hasil angket peserta didik 96,8%. Uji coba skala
besar dan mandiri mendapatkan n-gain score sebesar 0,74 dengan
kategori cukup efektif. Dengan skor 0,66 untuk kategori masih
berkembang dan 0,82 untuk kategori cakap. E-modul ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas I SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0