Pengaruh metode permainan petualangan treasure hunt terhadap hasil belajar ipas kelas v sekolah dasar di sdn wonokerto 4 ngawi

Authors

  • Elvira Budipuspitawati UNESA
  • Suprayitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode
permainan Treasure Hunt terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS
pada peserta didik kelas V SDN Wonokerto 4 Ngawi. Latar belakang
penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akibat metode
pembelajaran yang monoton seperti ceramah dan penugasan, yang
membuat siswa kurang aktif dan tidak termotivasi. Treasure Hunt
dipilih karena merupakan metode pembelajaran berbasis permainan
yang interaktif dan menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan
keterlibatan siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan desain one group pre-test and post-test. Subjek penelitian
adalah seluruh siswa kelas V (21 orang) dengan teknik total sampling.
Data dikumpulkan melalui tes dan observasi aktivitas siswa, kemudian
dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil
menunjukkan adanya peningkatan signifikan nilai rata-rata dari 62,86
menjadi 87,14, dengan nilai thitung 12,790 > ttabel 1,725 dan
signifikansi 0,000 < 0,05. Kesimpulannya, metode Treasure Hunt
efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS, serta mendorong
motivasi dan keterlibatan aktif siswa. Metode ini direkomendasikan
sebagai alternatif pembelajaran inovatif di sekolah dasar dalam
mendukung Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 61 , PDF Downloads: 64