Pengembangan media word explorer cards untuk meningkatkan kosakata bahasa inggris pada peserta didik kelas vi sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Word Explorer
Cards guna meningkatkan kosakata bahasa Inggris peserta didik
sekolah dasar. Latar belakang penelitian adalah rendahnya
kemampuan peserta didik dalam memahami dan mengingat kosakata.
Pengembangan media mengikuti model ADDIE dengan desain one
group pre-test-post-test. Subjek penelitian adalah 41 peserta didik
kelas VI SDN Lontar 481 Surabaya. Hasil validasi menunjukkan
tingkat kevalidan sangat tinggi dari ahli materi (98,6%) dan ahli media
(99%). Angket menunjukkan media sangat praktis menurut peserta
didik (90,7%) dan pendidik (94,6%). Keefektifan media ditunjukkan
oleh skor n-gain sebesar 0,89 (kategori tinggi). Hasil ini
mengimplikasikan bahwa Word Explorer Cards dapat digunakan
sebagai media alternatif yang valid, praktis, dan efektif dalam
pembelajaran kosakata bahasa Inggris di sekolah dasar
Downloads

