Desain pembelajaran etnomatematika dengan konteks budaya asmaul husna pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas ii sekolah dasar

Authors

  • Marsya Salsabila Firdausyi Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono

Abstract

Permasalahan ditemukan pada peserta didik kelas II SD Kyai Rodliyah
Surabaya yang masih kesulitan dalam memahami soal cerita serta
menyelesaikan operasi penjumlahan dan pengurangan. Pendekatan
etnomatematika mengaitkan pembelajaran dengan budaya lingkungan
sekitar dapat memudahkan pemahaman peserta didik. Salah satu
budaya yang diterapkan di sekolah membaca asmaul husna. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui desain aktivitas dalam pembelajaran
matematika dengan konteks budaya asmaul husna pada materi
penjumlahan dan pengurangan kelas II. Jenis penelitian ini kualitatif
menggunakan metode design research yang terdiri dari 3 tahapan,
yaitu preparing for the experiment, experimenting in the classroom
dan conducting retrospective analysis. Penelitian ini disusun dalam
kerangka HLT. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa desain
aktivitas pada materi penjumlahan dan pengurangan berbasis
etnomatematika dengan konteks budaya asmaul husna.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 44 , PDF Downloads: 45