Pengembangan media pembelajaran interaktif “trip tour” berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kekayaan budaya di pulau jawa kelas iv sd

Authors

  • Eva Maya Agus Tina Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Penelitian dilakukan guna mengembangkan media pembelajaran
interaktif “Trip Tour” berbasis Canva dan mengetahui tingkat
kelayakan, kepraktisan, serta keefektifannya pada materi Kekayaan
Budaya di Pulau Jawa kelas IV SD. Model ADDIE digunakan dalam
proses pengembangannya meliputi lima tahapan, yaitu Analysis,
Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek
penelitian meliputi ahli materi dan media, guru, dan siswa kelas IV.
Instrumen selama proses penelitian menggunakan lembar validasi ahli
guna menilai kelayakan media, angket tanggapan guru dan siswa guna
menilai kepraktisan, dan tes berupa pretest dan posttest guna menilai
keefektifan media. Hasil persentase validasi media sebesar 93% dan
validasi materi sebesar 88% dalam kategori “sangat layak”. Hasil skor
angket guru sebesar 98% dan skor angket siswa sebesar 84,8%
tergolong “sangat praktis”. Sementara itu, hasil uji-T menunjukkan
adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest, serta
nilai N-Gain mendapatkan kriteria sedang, sehingga media
menunjukkan efektivitas dalam mendorong peningkatan hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0