Pengembangan media pembelajaran kartu match me untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran ips materi kegiatan ekonomi kelas iv sekolah dasar

Authors

  • Dinda Putri Rahmanda Sari Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya
  • Suprayitno

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa nilai hasil belajar
peserta didik kelas IV B pada materi kegiatan ekonomi masih di bawah
KKTP. Penelitian dimaksudkan guna mengembangkan media
pembelajaran kartu Match Me dalam peningkatkan hasil belajar
peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan model
ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Panjunan
Sukodono Sidoarjo dengan subjek penelitian sebanyak 27 peserta
didik. Hasilnya mengungkapkan adanya bahwa media kartu Match Me
dapat mampu mendorong peningkatan hasil belajar. Hal tersebut dapat
ditunjukkan dari persentase kevalidan media sebesar 94,73% dan
persentase kevalidan materi sebesar 92,85%, keduanya tergolong
kategori “sangat valid” sehingga sudah sangat layak diujicobakan
dalam pembelajaran. Kepraktisan media dibuktikan dengan persentase
respons peserta didik mencapai 92,95% dan respons pendidik mencapai 90,67%, persentase tersebut termasuk dalam kategori
“sangat praktis”. Keefektifan media dinilai dari persentase ketuntasan
belajar yang mencapai 85,71% dan peningkatan hasil belajar rata-rata
N-Gain senilai 0,74 tergolong kategori “tinggi”. Mengacu hasil
tersebut, disimpulkan bahwa media pembelajaran kartu Match Me
terbukti valid, praktis, dan efektif. Temuan penelitian ini memberi
kontribusi positf terhadap pengembangan media pembelajaran untuk
meningkatkan hasil belajar. Peneliti selanjutnya dapat meneliti
pengaruh media ini terhadap kerjasama kelompok peserta didik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 31 , PDF Downloads: 34