Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis nearpod pada materi Penjumlahan dan pengurangan pecahan siswa kelas v sekolah dasar

Authors

  • Sholikhatun Umami UNESA
  • Delia Indrawati

Abstract

Peserta didik kini dikenal dengan digital native, yaitu peserta didik
yang tumbuh dan berkembang bersama teknologi. Kondisi tersebut
diharapkan pendidik mampu mengembangkan beragam media
pembelajaran terutama berbasis pada teknologi. Salah satu media
berbasis teknologi yaitu media pembelajaran interaktif berbasis
Nearpod. Studi pengembangan ini menggunakan penelitian
pengembangan Research and Development (R&D) dan menerapkan
model ADDIE yang meliputi tahapan Analyze, Design,
Development, Implementation, Evaluation sebagai kerangka
sistematis untuk merancang media pembelajaran di tingkat sekolah
dasar. Hasil penelitian menyatakan bahwa media tergolong valid,
dengan tingkat validitas sebesar 95% berdasarkan hasil validasi
materi dan 85% dari hasil validasi media. Dikategorikan praktis
dengan persentase 98% dari pendidik dan 98% dari peserta didik.
Dikategorikan cukup efektif dengan ketuntasan belajar sebesar 95%
dan perhitungan N-Gain memperoleh skor 0,68 yang menyatakan
peningkatan nilai dikategorikan sedang. Hasil uji-t memperoleh skor 0,000 signifikan kurang dari 0,05 yang berarti ditolak, demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif
berbasis Nearpod pada materi penjumlahan dan pengurangan
pecahan menunjukkan terdapat peningkatan secara signifikan
terhadap hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0