Pengembangan modul baris-berbaris berbasis learning by doing untuk Pembelajaran keliling bangun datar di kelas v sekolah dasar

Authors

  • Hana Rida Puspita Universitas Negeri Surabaya
  • Budiyono

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menjelaskan proses
pengembangan modul serta menguji kelayakan modul baris-berbaris
berbasis learning by doing untuk pembelajaran keliling bangun datar
untuk peserta didik. Penelitian menggunakan metode pengembangan
dengan mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan
(analyze, design, develope, implement, dan evaluate). Hasil kevalidan
modul dilakukan melalui 2 tahap yaitu oleh validator ahli materi
sebesar 88,8% dan validator ahli media sebesar 95%. Respon
pengguna mengenai kepraktisan modul diketahui dari respon peserta
didik dan pendidik melalui pengisian angket yang mendapat hasil
persentase dari peserta didik sebesar 86,86% dan dari pendidik
sebesar 94,5%. Keefektifan produk diketahui dari persentase
ketuntasan belajar peserta didik yang memperoleh nilai KKTP
sekolah yaitu ≥ 61 sebesar 82,35%. Berdasarkan hasil penelitian
didapatkan bahwa modul yang dikembangkan layak digunakan dalam
pembelajaran keliling bangun datar untuk kelas V SD

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 32 , PDF Downloads: 34