Desain pembelajaran ipas berbasis problem based learning dan esd untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa sd

Authors

  • Azzahra Aski Azakia State University of Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi masalah
lingkungan dan merumuskan solusi menunjukkan perlunya inovasi
dalam pembelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan mengembangkan
dan mengimplementasikan desain didaktis berbasis Problem Based
Learning (PBL) yang terintegrasi dengan Education for Sustainable
Development (ESD) guna meningkatkan keterampilan pemecahan
masalah siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode design
research dengan subjek siswa kelas VI SD Labschool Unesa 1 tahun
ajaran 2024/2025. Empat siswa terlibat dalam tahap pilot, dan 20 siswa
dalam tahap teaching experiment. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara, LKPD, tes, dan dokumentasi, serta
divalidasi melalui triangulasi. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas
pembelajaran menghasilkan lintasan belajar yang terstruktur pada
tema Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 13. Sebagian besar
siswa mampu memenuhi empat indikator pemecahan masalah menurut
Polya. Desain ini efektif dalam membantu siswa mengidentifikasi
masalah, menyusun hipotesis, mengumpulkan data, serta merancang
solusi yang berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi
berupa model pembelajaran PBL-ESD yang aplikatif untuk
menumbuhkan berpikir kritis dan kesadaran ekologis di jenjang
sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0