Pengaruh gamifikasi terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa kelas iv madrasah ibtidaiyah negeri 1 kota madiun

Authors

  • Dhea Amanda University State of Surabaya
  • Mulyani

Abstract

Studi ini menyelidiki dampak gamifikasi terhadap prestasi belajar
Bahasa Inggris siswa kelas IV di MIN 1 Kota Madiun. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
gamifikasi terhadap hasil belajar siswa. Metode kuantitatif dan quasi-
eksperimen digunakan, membandingkan kelompok eksperimen yang
menerapkan gamifikasi dengan kelompok kontrol yang menggunakan
metode tradisional. Data menunjukkan angka post-test untuk
kelompok eksperimen (76,96) lebih tinggi daripada kelompok kontrol
(66,67) dengan p-value sebesar 0,004. Sebagian besar siswa, yaitu
85,7%, menganggap bahwa motivasi mereka bertambah. Walaupun
hubungan antara motivasi dan pencapaian belajar tidak signifikan,
gamifikasi menghasilkan suasana pembelajaran yang lebih interaktif
dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0