Pengaruh gamifikasi terhadap hasil belajar bahasa inggris siswa kelas iv madrasah ibtidaiyah negeri 1 kota madiun
Abstract
Studi ini menyelidiki dampak gamifikasi terhadap prestasi belajar
Bahasa Inggris siswa kelas IV di MIN 1 Kota Madiun. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan
gamifikasi terhadap hasil belajar siswa. Metode kuantitatif dan quasi-
eksperimen digunakan, membandingkan kelompok eksperimen yang
menerapkan gamifikasi dengan kelompok kontrol yang menggunakan
metode tradisional. Data menunjukkan angka post-test untuk
kelompok eksperimen (76,96) lebih tinggi daripada kelompok kontrol
(66,67) dengan p-value sebesar 0,004. Sebagian besar siswa, yaitu
85,7%, menganggap bahwa motivasi mereka bertambah. Walaupun
hubungan antara motivasi dan pencapaian belajar tidak signifikan,
gamifikasi menghasilkan suasana pembelajaran yang lebih interaktif
dan menyenangkan.
Downloads

