Upaya peningkatan keterampilan berpikir Kreatif melalui model think talk write pada Materi konsep energi kelas iv sekolah dasar

Authors

  • Mochammad Nur Fauzi Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto

Abstract

Penelitian ini muncul karena kurangnya keterampilan berpikir kreatif
peserta didik dan kurangnya model pembelajaran yang mampu
menstimulasi kreativitas dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini
untuk melihat dampak dari model pembelajaran Think Talk Write
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik.
Metode yang digunakan yakni eksperimen semu dengan bentuk Non-
Equivalent Control Group Design. Instrumen yang dipergunakan
yakni lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes berpikir
kreatif, dan angket respons siswa. Subjek berjumlah 49 orang peserta
didik kelas IV A dan B di SDN Dukuh Kupang V/534 Surabaya. Hasil
yang didapatkan dari penelitian ini yakni model pembelajaran Think
Talk Write terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir
kreatif peserta didik. Dibuktikan dengan kelas eksperimen yang
mengalami peningkatan keterampilan berpikir kreatif dengan kategori
tinggi sedangkan kelas kontrol mendapat kategori sedang.
Keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik dan
respons siswa terhadap pembelajaran tergolong sangat positif

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 23 , PDF Downloads: 30