Pengembangan media kartu kata bergambar Bermuatan kearifan lokal untuk Keterampilan membaca permulaan siswa Kelas i sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media Kartu Kata Bergambar
Bermuatan Kearifan Lokal untuk keterampilan membaca permulaan
siswa kelas I sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Metode
penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D)
dengan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan yaitu analysis,
design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini
dilaksanakan melalui uji coba skala kecil pada 8 siswa dan uji coba
skala besar pada 28 siswa kelas I SDN Pakis I/368 Surabaya. Hasil
kevalidan memperoleh presentase sebesar 96% dari ahli media dan
91,6% dari ahli materi, keduanya termasuk dalam kategori “sangat
valid”. Respon siswa terhadap media menunjukkan persentase 94,6%,
dan respon guru mencapai 100%, yang termasuk dalam kategori
“sangat praktis”. Hasil perhitungan N-gain sebesar 0,60
menunjukkan peningkatan keterampilan membaca pada kategori
“sedang”. Dengan demikian, media ini terbukti valid, praktis, dan
efektif untuk pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I
sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 36
,
PDF Downloads: 76

