Pengembangan media pembelajaran interaktif eco-game berbasis android pada materi ekosistem untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sekolah dasar

Authors

  • Ghaitsa Zahira Shofa Universitas Negeri Surabaya
  • Mintohari

Abstract

Kegiatan belajar sambil bermain merupakan hal yang sangat
menyenangkan bagi setiap anak. Hal inilah yang mendorong peneliti
untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran bernama “eco-
game”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman serta
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi ekosistem di kelas
V sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE.
Kevalidan materi dalam media ini mendapatkan presentase sebesar
90% dan kevalidan media ini mendapatkan presentase sebesar 94,28%.
Hasil angket kepraktisan mendapatkan presentase 98,46% dari angket
respon guru dan 93,21% dari angket respon siswa. Berdasarkan hasil
presentase ketuntasan belajar, presentase yang didapatkan sebesar
82,14%. Selanjutnya untuk hasil perhitungan skor N-Gain diperoleh
skor sebesar 0,59 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang.
Hasil Uji-T Berpasangan mendapatkan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05
yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest
dan posttest. Berdasarkan data yang didapat, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media “eco-game” berbasis android pada materi
ekosistem kelas V sekolah dasar sangat layak untuk digunakan dalam
meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0