Multimedia augmented reality kelana untuk Meningkatkan pemahaman konsep asean di Sekolah dasar
Abstract
Pembelajaran IPS di sekolah dasar kerap menghadapi tantangan, seperti
materi yang abstrak dan penggunaan media yang kurang interaktif,
terutama dalam topik ASEAN. Hasil observasi di SDN Rayung 1
menunjukkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ini, yang
disebabkan oleh keterbatasan media pembelajaran konvensional.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji kelayakan
multimedia KELANA (Keliling Negara ASEAN) berbasis Augmented
Reality (AR) untuk pembelajaran IPS kelas VI SD. Media
dikembangkan melalui model ADDIE dan pendekatan Learn, Explore,
and Playing, yang menggabungkan teknologi AR, objek konkret, dan
permainan edukatif. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan
sangat tinggi (97,5%). Uji efektivitas melalui pretest-posttest
menghasilkan skor N-Gain sebesar 0,84 (kategori tinggi), sementara
kepraktisan media memperoleh skor 86,75% (sangat layak). Media ini
terbukti meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep geografis
dan nilai sosial, serta mendorong keterlibatan aktif dalam
pembelajaran. Kendala teknis seperti ukuran file besar dan keterbatasan
perangkat menjadi catatan untuk pengembangan lebih lanjut.
Downloads
Abstract views: 28
,
PDF Downloads: 61

