Pengembangan media canva untuk Pembelajaran ragam hias kelas v sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan kreativitas 27
siswa kelas V UPT SDN 148 Gresik melalui pengembangan media
interaktif berbasis Canva untuk pembelajaran seni rupa materi ragam
hias. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design,
Develop, Implement, Evaluate) untuk memastikan kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan
media interaktif Canva unggul dalam desain menarik, materi mudah
dipahami, dan fitur interaktif. Validasi ahli media (84%) dan ahli
materi (95%) mengkategorikannya "Sangat Valid". Respon siswa
menunjukkan kepraktisan media sebesar 83.11% "Sangat Praktis",
menandakan peningkatan ketertarikan dan pemahaman. Efektivitas
media terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan;
pada pretest sebagian siswa memperoleh hasil rendah, namun
meningkat menjadi 92% pada posttest. Nilai N-Gain 0.6
mengindikasikan peningkatan pemahaman siswa kategori "Sedang".
Kesimpulannya, media interaktif berbasis Canva terbukti valid,
praktis, dan efektif dalam meningkatkan kreativitas serta hasil belajar
siswa. Desain menarik dan fitur interaktifnya berkontribusi pada
peningkatan minat dan pemahaman, memperkuat argumen bahwa
integrasi teknologi digital merupakan solusi inovatif
untuk pembelajaran
Downloads
Abstract views: 107
,
PDF Downloads: 160

