Efektivitas metode storytelling untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada Pembelajaran matematika di sdn gudo Kabupaten jombang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode
storytelling dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
pembelajaran matematika di SDN Gudo, Kabupaten Jombang. Latar
belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam
mata pelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan kurang
menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
desain pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest design.
Subjek penelitian adalah 12 siswa kelas III. Teknik pengumpulan
data meliputi tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa
setelah diterapkannya metode storytelling, yang ditunjukkan dengan
nilai N-Gain sebesar 63% dan termasuk dalam kategori sedang.
Temuan ini menunjukkan bahwa metode storytelling memberikan
pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa
dengan cara penyampaian materi yang lebih kontekstual, menarik,
dan mudah dipahami. Dengan demikian, metode storytelling efektif
digunakan dalam pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.
Downloads
Abstract views: 26
,
PDF Downloads: 84

