PengembangaPengembangan media kartu kata cerita Untuk keterampilan membaca permulaan Peserta didik kelas 1 sekolah dasarn Media Kartu Kata Cerita Untuk Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan produk media Kartu
Kata Cerita yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian R&D
dengan model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE,
yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation. Hasil kevalidan memperoleh
persentase 90 % dari ahli media dan 96 % dari ahli materi dengan
kategori sangat valid . Hasil angket yang diberikan kepada pendidik
menunjukkan persentase sebesar 90%. Hasil kepraktisan media
diperoleh dari angket pendidik dengan persentase 90 % dan angket
peserta didik memperoleh persentase sebesar 86% dengan kategori
sangat praktis. Keefektifan media dari hasil pre-test dan pos-test,
analisis memperoleh nilai n-gain sebesar 0,55 dan termasuk dalam
kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan
bahwa media kartu kata cerita yang dikembangkan dinyatakan layak
untuk digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan
Downloads
Abstract views: 25
,
PDF Downloads: 55

