Efektivitas penggunaan media digital melalui aplikasi canva Untuk keterampilan menulis unggah-ungguh perangane Awak peserta didik kelas iii sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas media digital
melaui Aplikasi Canva dalam meningkatkan keterampilan menulis
unggah-ungguh perangane awak (sopan santun dalam Bahasa Jawa
untuk bagian-bagian tubuh) pada peserta didik kelas III SDN
Sawunggaling I/382 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan jenis non-eksperimental berdesain one-shot case
study. Subjek penelitian terdiri dari 58 peserta didik kelas III B dan III
C yang seluruhnya mendapatkan perlakuan pembelajaran yang sama.
Instrumen pengumpulan data meliputi empat kuesioner yang
dikembangkan berdasarkan teori efektivitas pembelajaran dari Slavin,
satu lembar observasi kelas, satu kuesioner model pembelajaran
langsung, dan satu lembar analisis dokumen tulisan peserta didik. Data dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS untuk menguji validitas,
reliabilitas, dan hubungan antarvariabel laten. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa media Canva efektif dalam meningkatkan
kemampuan menulis peserta didik secara tepat dan kontekstual.
Keempat indikator efektivitas pembelajaran menurut Slavin, kualitas
pembelajaran, kesesuaian tingkat pembelajaran, penguatan motivasi,
dan efisiensi waktu—berkontribusi signifikan terhadap peningkatan
hasil belajar. Hasil observasi dan analisis dokumen turut menguatkan
temuan ini, dengan menunjukkan peningkatan keterlibatan, motivasi,
dan ketepatan penggunaan bahasa. Secara keseluruhan, media digital
melalui aplikasi Canva terbukti menjadi alat pembelajaran yang efektif
dan relevan secara budaya dalam mendukung pendidikan bahasa
daerah di Sekolah Dasar
Downloads
Abstract views: 34
,
PDF Downloads: 71

