Pengembangan e-modul berbasis Keterampilan berpikir kritis untuk Mengurangi miskonsepsi pada materi sistem Pernapasan manusia di kelas v
Abstract
Miskonsepsi pada materi sistem pernapasan manusia sering
ditemukan pada siswa kelas V SD, menghambat pemahaman konsep
mereka. Penelitian yang berlandaskan pendekatan riset dan
pengembangan (R&D) ini berorientasi pada pengembangan E-Modul
berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan
manusia. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari e-
modul yang dikembangkan, meliputi aspek kevalidan, kepraktisan,
dan keefektifan. Menggunakan model pengembangan ADDIE yan
terdiri dari 5 tahap. penelitian ini melibatkan siswa SDN Gading VII
Surabaya sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan E-Modul ini sangat valid dengan mendapatkan persentase kevalidan materi
95,7%, dan kevalidan media 90%. E-Modul ini memenuhi kriteria
kepraktisan yang sangat tinggi berdasarkan dari hasil angket guru
87,4% dan hasil angket siswa 93,5%. E-Modul terbukti efektif dalam
mengurangi miskonsepsi, dengan rata-rata tingkat miskonsepsi
menurun dari 39,25% (pre-test) menjadi 6,3% (post-test).
Peningkatan pemahaman konsep dibuktikan diindikasikan oleh
perolehan rata-rata N-Gain sebesar 0,86 dan signifikan secara
statistic. Lalu uji paired samples t-test memperbandingkan rata-rata
dan menunjukkan selisihnya 38,15 (p < 0,05), merefleksikan
perbedaan yang secara statistik signifikan antara nilai pre-test dan
pos-test. E-Modul berbasis keterampilan berpikir kritis ini merupakan
media pembelajaran yang teruji validitas, kepraktisan, dan
efektivitasnya dalam hal mengurangi miskonsepsi serta berkontribusi
pada peningkatan pemahaman konseptual dan hasil belajar siswa
kelas V SD mengenai sistem pernapasan manusia.
Downloads

