Pengembangan e-modul berbasis radec Pembelajaran ipas materi gaya untuk Meningkatkan keterampilan proses sains di Kelas iv sd

Authors

  • Fadillah Zain Karuniayani Universitas Negeri Surabaya
  • sur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan
efektivitas e-modul berbasis RADEC pada materi “Gaya di Sekitar
Kita” untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas IV
sekolah dasar. Keterampilan ini merupakan bagian dari kompetensi
abad ke-21 yang belum berkembang secara optimal karena
keterbatasan bahan ajar yang tersedia. Penelitian menggunakan
metode Research and Development (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: analysis, design,
development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian
adalah 26 siswa kelas IV SDN Gading IV. Desain penelitian yang
digunakan adalah pretest-posttest control group design. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis RADEC sangat
valid, dengan tingkat validitas materi sebesar 96% dan validitas
modul sebesar 93%. Modul juga dinilai sangat praktis berdasarkan respons guru 95% dan siswa 92%. Efektivitas modul ditunjukkan
melalui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan nilai rata-rata
N-Gain sebesar 0,55 (kategori sedang). Uji normalitas menunjukkan
data berdistribusi normal (p > 0,05), dan uji-t independen
menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan
kontrol (t = 29,23; p < 0,001). Dengan demikian, e-modul berbasis
RADEC terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan
keterampilan proses sains siswa dibandingkan metode pembelajaran
konvensional

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 36 , PDF Downloads: 64