Pengembangan e-modul ipas berbasis ar dan Discovery learning untuk berpikir kritis Siswa sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-modul IPAS berbasis
Augmented Reality dengan Discovery Learning untuk materi bagian
tubuh tumbuhan guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa kelas IV SD. Latar belakang penelitian ini adalah terbatasnya
bahan ajar inovatif yang dapat memfasilitasi peningkatan
keterampilan berpikir kritis. Menggunakan metode R&D model
ADDIE, penelitian dilakukan pada 29 siswa kelas IV SDN Gading
VII Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan e-modul sangat valid
(validitas e-modul 94,2% dan validitas materi 93,3%) dan sangat
praktis (angket guru 95,7% dan angket siswa 94%). Selain itu, e-
modul ini juga terbukti efektif meningkatkan keterampilan berpikir
kritis, dibuktikan dengan peningkatan signifikan antara pre-test dan
post-test, di mana 89,6% siswa mencapai ketuntasan belajar dan nilai
N-gain 0,72 (kategori tinggi). Sebagai simpulan, e-modul ini
berpotensi besar sebagai inovasi pembelajaran untuk memfasilitasi
pemahaman konsep dan mengasah keterampilan berpikir kritis siswa
SD
Downloads
Abstract views: 36
,
PDF Downloads: 88

