Pengembangan media kubaru (kubus baca Seru) untuk meningkatkan keterampilan Membaca permulaan peserta didik kelas satu Sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media
pembelajaran yaitu Kubaru (Kubus Baca Seru) yang layak dan efektif
guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu
sekolah dasar. Media ini dirancang menggunakan pendekatan
multisensori yang menggabungkan unsur visual, auditori, dan
kinestetik, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang konkret
dan menyenangkan. Penelitian menggunakan metode Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil
validasi dari ahli materi dan media menunjukkan skor validitas yang
tinggi dengan skor masing-masing sebesar 100% dan 90%. Uji coba
terbatas yang melibatkan 25 siswa menunjukkan peningkatan yang
signifikan pada kemampuan membaca dengan nilai t sebesar 6,69 dan
N-Gain sebesar 0,748. Media ini juga dinilai sangat praktis, dengan
tingkat kepraktisan 100% dari guru dan 93,5% dari siswa. Secara
keseluruhan, Kubaru terbukti layak dan efektif sebagai media
pembelajaran membaca permulaan.
Downloads
Abstract views: 38
,
PDF Downloads: 61

