Pengembangan media pembelajaran video Animasi berbantuan canva dalam Pembelajaran bahasa indonesia materi Kalimat transitif dan intransitif untuk Siswa kelas iv sd
Abstract
Hal yang melatar belakangi penelitian Pengembangan media
pembelajaran video animasi berbantuan canva adalah kurangnya
pemahaman peserta didik terhadap materi Kalimat Transitif dan
Intransitif serta kurangnya penggunaan media berbasis teknologi
dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian jenis
Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE
dalam proses pengembangannya. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, lembar validasi, lembar angket, pretest-
posttest, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah 19 siswa
kelas IV SDN Murtajih III. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan sebuah produk yang memenuhi standar kelayakan
(Valid, Efektif, dan Praktis) untuk digunakan sebagai media
pembelajaran. Hasil kevalidan produk yang terdiri dari uji validasi
media dan uji validasi materi mencapai persentase 94% dan 96% yang
dikategorikan “Sangat Valid”. Hasil keefektifan media diukur dari
nilai N-Gain sebesar 0,66 dikategorikan “Sedang” dan persentase
ketuntasan belajar siswa mencapai 89,47% dikategorikan “Sangat Hal yang melatar belakangi penelitian Pengembangan media
pembelajaran video animasi berbantuan canva adalah kurangnya
pemahaman peserta didik terhadap materi Kalimat Transitif dan
Intransitif serta kurangnya penggunaan media berbasis teknologi
dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian jenis
Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE
dalam proses pengembangannya. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan observasi, wawancara, lembar validasi, lembar angket, pretest-
posttest, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah 19 siswa
kelas IV SDN Murtajih III. Penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan sebuah produk yang memenuhi standar kelayakan
(Valid, Efektif, dan Praktis) untuk digunakan sebagai media
pembelajaran. Hasil kevalidan produk yang terdiri dari uji validasi
media dan uji validasi materi mencapai persentase 94% dan 96% yang
dikategorikan “Sangat Valid”. Hasil keefektifan media diukur dari
nilai N-Gain sebesar 0,66 dikategorikan “Sedang” dan persentase
ketuntasan belajar siswa mencapai 89,47% dikategorikan “Sangat Tinggi”. Hasil kepraktisan yang diperoleh dari rata-rata hasil angket siswa dan guru mencapai persentase 94% yang termasuk kategori
“Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut, video
animasi berbantuan canva dinyatakan layak untuk digunakan sebagai
media pembelajaran untuk materi Kalimat Transitif dan Intransitif
dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD.
Downloads

