Pengaruh media canva terhadap Keterampilan membaca teks deskripsi siswa Kelas v sekolah dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media
pembelajaran Canva dan model Problem-Based Learning (PBL)
terhadap keterampilan membaca teks deskripsi siswa kelas V sekolah
dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode analisis Partial Least Square (SmartPLS). Instrumen berupa
angket digunakan untuk mengukur pengaruh tiga variabel independen:
bentuk Canva, isi Canva, dan penerapan PBL, terhadap satu variabel
dependen, yaitu keterampilan membaca teks deskripsi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa bentuk Canva (t = 2,847; p = 0,005),
isi Canva (t = 4,388; p = 0,000), dan model PBL (t = 12,717; p = 0,000)
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca.
Model struktural menunjukkan nilai R-square sebesar 0,961, yang
berarti bahwa kombinasi penggunaan media Canva dan penerapan
PBL mampu menjelaskan sebesar 96,1% variansi dalam keterampilan
membaca siswa. Hal ini menunjukkan bahwa integrasi media visual
interaktif dan pembelajaran berbasis masalah memiliki daya jelaskan
yang sangat kuat terhadap pencapaian keterampilan membaca
deskripsi. Penelitian ini merekomendasikan pemanfaatan Canva dan
PBL sebagai pendekatan kolaboratif untuk meningkatkan literasi siswa
secara lebih kreatif dan kontekstua
Downloads
Abstract views: 40
,
PDF Downloads: 78

