Pengembangan media lcd (labirint card qr- Code) dalam meningkatkan hasil belajar Materi negara – negara asean peserta didik Kelas vi sekolah dasar

Authors

  • Firda Annisa Humaira Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti

Abstract

Pengembangan media pembelajaran IPS pada materi negara di
ASEAN dibutuhkan demi menguatkan kualitas pembelajaran.
Penelitian bertujuan mengetahui proses pengembangan media,
mengukur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media LCD
(Labirint Card QR-Code) dalam menguatkan hasil belajar peserta
didik dalam materinegara di ASEAN. Metode RnD (Reseach and
Development) yang melalui pendekatan ADDIE. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa media LCD
(Labirint Card QR-Code) layak digunakan pada pembelajaran materi
negara-negara di ASEAN karena mendapatkan nilai validasi ahli
materi sebesar 86% dan nilai validasi ahli media sebesar 96% yang
berada pada kriteria “Sangat Valid”. Media LCD (Labirint Card QR-
Code) juga mendapatkan respon yang baik dari peserta didik, terbukti
dengan hasil angket peserta didik yang mendapatkan persentase 99%
berada pada kategori “Sangat praktis”. Keefektifan media LCD
(Labirint Card QR-Code) diukur dengan skor pretest dan posttest yang
mendapatkan score N-Gain sebesar 0,58 yang berarti terjadi
peningkatakan secara “Sedang” selaras dengan uji Paired T Test
dilakukan peneliti dengan angka <0,001 yang berarti terdapat peningkatan yang signfikan pada hasil pretest dan post-test peserta
didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 98