Pengembangan media rubik keris (kerajaan Islam) berbasis qr code untuk pembelajaran Ips kelas iv sd
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran merupakan satu dari sekian banyak
faktor yang memiliki pengaruh atau dampak pada hasil belajar.
Namun, tidak semua materi pada pembelajaran IPS telah
memanfaatkan media. Menurut aktivitas tanya jawab dengan wali
kelas IV di SDN Wiyung I/453, guru mengalami kesulitan dalam
mengajarkan materi kerajaan Islam karena dianggap bersifat abstrak
dan kurangnya media untuk mendukung materi ini. Karena alasan
itulah, penelitian ini dibuat guna mengetahui kelayakan media Rubik
Keris berbasis QR Code dalam meningkatkan pemahaman siswa yang
mencakup tiga aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan.
Model ADDIE dan metode R&D diterapkan kepada 21 siswa, serta
teknik pengambilan data dilakukan dengan memanfaatkan lembar
validasi ahli, angket pendidik dan siswa, serta lembar tes awal dan
akhir. Hasil validasi dari spesialis materi dan media menunjukkan
media Rubik Keris berbasis QR Code memperoleh nilai masing-
masing sebesar 81,4% dan 97,5% dengan kategori “sangat valid”.
Untuk kepraktisan, media ini memperoleh nilai sebesar 82% dari hasil
angket siswa dan 100% dari hasil angket pendidik yang
menempatkannya pada kategori “sangat praktis”. Sedangkan untuk
aspek keefektifan, media ini memperoleh nilai rerata N-Gain sebesar
0,71 dengan kategori “tinggi” dan presentase ketuntasan sebesar
95,2% yang menunjukkan “sangat efektif”
Downloads
Abstract views: 33
,
PDF Downloads: 55

