Pengembangan media board game narji untuk Pembelajaran ipas kelas vi sd

Authors

  • Nur Afni Diana Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media board game edukatif
NARJI (Nature Adventure of Jumanji): conservation series bertema
lingkungan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah
siswa kelas VI SDN Wonoploso. NARJI dirancang untuk
meningkatkan pemahaman IPAS dan kepedulian lingkungan melalui
tantangan aksi nyata. Hasil validasi menunjukkan tingkat kevalidan
sangat tinggi dari ahli materi (95%) dan ahli media (87,05%). Uji
kepraktisan menunjukkan skor 98% dari guru dan 97,31% dari siswa.
Aspek keterarikan mencapai 96,43%. Dengan demikian, NARJI
dinyatakan layak dan efektif sebagai media pembelajaran IPAS yang
edukatif dan menyenangkan. Berdasarkan temuan tersebut, NARJI
dinyatakan sebagai media pembelajaran yang valid, praktis, dan
menarik. Media ini berkontribusi terhadap pembelajaran IPAS dengan
menawarkan alternatif yang interaktif untuk meningkatkan kesadaran
lingkungan serta mendorong partisipasi aktif siswa baik di dalam
maupun di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Putri Rachmadyanti, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 101 , PDF Downloads: 164