Pengembangan media audio visual berbasis articulate Storyline 3 dalam materi menentukan ide pokok pada teks Bacaan kelas vi di sdn bulusari i gempol kabupaten Pasuruan
Abstract
Penelitian ini mengembangkan media audio visual interaktif berbasis
Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan pemahaman peserta didik
kelas VI SDN Bulusari I Gempol, Pasuruan, dalam menentukan ide
pokok teks. Latar belakang studi ini adalah keterbatasan media
pembelajaran interaktif yang relevan. Menggunakan model
pengembangan ADDIE, penelitian melibatkan 38 peserta didik dalam
uji coba. Hasil validasi menunjukkan kelayakan tinggi dengan rata-
rata kevalidan media 89% dan materi 81%. Aspek kepraktisan juga
tinggi, dibuktikan oleh angket guru (94,55%) dan analisis angket
peserta didik menggunakan Smart PLS (Outer Loading >0,70, AVE
>0,50, reliabilitas >0,70). Keefektifan media terbukti dari
peningkatan hasil belajar signifikan, dengan nilai N-gain 0,75
(kategori sangat baik) antara pretest dan posttest. Media ini secara
efektif berkontribusi pada peningkatan keterampilan membaca
peserta didik, khususnya dalam menentukan ide pokok. Oleh karena
itu, media audio visual ini direkomendasikan sebagai alternatif
pembelajaran Bahasa Indonesia yang inovatif.
Downloads

