Еngеmbаngаn mеdіа аfсаr “аѕеаn flаѕhсаrd Аugmеntеd rеаlіtу” melalui model Pembelajaran kоореrаtіf tіре jigsaw untuk Meningkatkan pemahaman materi asean Peserta didik kelas vі ѕеkоlаh dаѕаr
Abstract
Pendidikan merupakan serangkaian kemampuan untuk
mengembangkan pola pikir dan keterampilan peserta didik. Namun,
berdasarkan studi pendahuluan, pembelajaran IPAS di sekolah dasar
belum optimal dikarenakan media yang terbatas pada PPT dan peta
negara sehingga menjadikan peserta didik pasif dan kurang memahami
materi ASEAN. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media
pembelajaran AFCAR (Asean Flashcard Augmented Reality) melalui
model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw guna meningkatkan
pemahaman peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode
Research and Development (R&D) model ADDIE dengan teknik
pengumpulan data berupa lembar va6lidasi ahli, tes pretest posttes, dan
lembar angket respon peserta didik. Hasil validasi menunjukkan
bahwa media AFCAR memperoleh skor kevalidan sebesar 90% dari
ahli materi dan 81,33% dari ahli media. Skor pretest posttest
meningkat dari 16,67% menjadi 83,34%, dengan skor N-gain 0,82
yang termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi”. Sedangkan,
kepraktisan media diukur dari hasil angket peserta didik yang
mencapai tingkat persentase 93,9%. Kesimpulannya, media pembelajaran AFCAR dinilai valid, efektif, dan praktis digunakan
sebagai ide untuk pembelajaran interaktif dan kolaboratif materi
ASEAN kelas VI Sekolah Dasar dengan mempertimbangkan
ketersediaan fasilitas dan jaringan yang memadai untuk mengakses
AR atau menyediakan versi media dalam bentuk multiplatform yang
dapat digunakan baik secara online maupun offline.
Downloads

