Pengembangan media miniature box pada pembelajaran ips Untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi sumber Daya alam kelas iv sekolah dasar

Authors

  • Tantri Silvia Musyarofah Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah

Abstract

Kurang optimalnya hasil belajar dapat disebabkan oleh keterbatasan
dalam penggunaan media terutama pada materi sumber daya alam.
sehingga, perlu adanya media untuk belajar yang bisa menjadikan
perantara siswa sebagai peningkatan hasil belajar. Penelitian ini
ditujukan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
media Miniature Box dengan menerapkan metode penelitian dan
pengembangan (R&D) model ADDIE. Perolehan hasil kevalidan
media dengan presentase sebesar 81,9% dan pencapaian hasil
kevalidan materi dengan presentase sebesar 94,5% dalam penggologan
sangat valid, serta hasil angket respon guru dengan presentase 89%
dan hasil angket respon siswa dengan presentase 95,5% dalam
penggolongan sangat praktis untuk digunakan, Sedangkan hasil
ketuntasan belajar siswa mencapai 90% dalam penggolongan sangat
praktis. Hasil N-Gain sejumlah 0,619 dengan kategori sedang dan hasil
uji paired sample T-test sebesar 0,001 yang menunjukkan terdapat
peningkatan antara nilai pre-test dan post-test. Sehingga
pengembangan media Miniature Box materi sumber daya alam dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 33 , PDF Downloads: 65