Pengembangan strategi flipped classroom Menggunakan multimedia interaktif “noaki” Mata pelajaran pendidikan pancasila untuk Meningkatkan hasil belajar siswa kelas v Sekolah dasar

Authors

  • Siti Maulidiyah Rahma Universitas Negeri Surabaya
  • Vicky Dwi Wicaksono

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pembelajaran
pendidikan pancasila di kelas, sehingga diperlukan strategi yang tepat
dan sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan dalam
proses pengembangan, menguji kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan strategi flipped classroom yang didalamnya terdapat
media NOAKI pada materi norma kelas V sekolah dasar. Penelitian
ini menggunakan metode Research and Development dengan
menggunakan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kevalidan materi pada modul ajar dan media memperoleh presentase
sebesar 90,66% dan 81,66%, kevalidan modul ajar dan media
memperoleh skor 88,57% dan 97,27% dengan kategori sangat valid.
Kepraktisan strategi flipped classroom yang didalamnya terdapat
media NOAKI pada uji skala kecil dan skala besar memperoleh presentase sebesar 91,33% dan 97,73% dari hasil angket peserta
didik dengan kategori sangat praktis. Keefektifan strategi flipped
classroom yang didalamnya terdapat media NOAKI berdasarkan
hasil N-gain memperoleh skor 0,73 dengan kategori peningkatkan
tinggi. Dengan demikian, strategi flipped classroom yang didalamnya
terdapat media NOAKI dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik dan layak digunakan pada pembelajaran pendidikan pancasila
materi norma

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 14