Efektivitas metode lagu dalam meningkatkan pemahaman aturan lingkungan pada siswa kelas 2 sd

Authors

  • Ahmad Muchtarom Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Dengan menggunakan pendekatan lagu pada siswa kelas 2 SD Baureno 1 pada tahun ajaran 2024–2025, proyek ini berupaya meningkatkan pemahaman siswa terhadap aturan lingkungan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Masalah utamanya adalah rendahnya tingkat pemahaman siswa yang disebabkan oleh strategi pengajaran tradisional yang kurang menarik. Tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan dalam dua siklus. Siswa kelas 2 SD Baureno 1 menjadi subjek penelitian. Penilaian hasil belajar, wawancara, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan temuan penelitian, pemahaman siswa meningkat secara signifikan dari siklus I ke siklus II dan melampaui metrik keberhasilan. Selain itu, terjadi peningkatan dalam pengelolaan pembelajaran guru dan interaksi siswa. Teknik lagu terbukti berhasil dalam menumbuhkan lingkungan belajar yang positif, meningkatkan minat dan pemahaman siswa, serta meningkatkan hasil belajar dan pengembangan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 24 , PDF Downloads: 42