Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis pengalaman siswa kelas iv sdn kacangan i kecamatan malo tahun pelajaran 2024/2025
Abstract
Guru Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Kacangan I diperoleh
informasi bahwa masih ada beberapa siswa yang masih belum pasih
dalam menulis. Nilai siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia masih
dibawah KKM, dimana KKM di SD Negeri Kacangan I ini adalah 75.
Jumlah anak yang sudah mencapai KKM hanya 42%, dari 11 siswa.
Dengan adanya permasalahan itu Sehingga peneliti ingin menerapkan
media gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis pengalaman
siswa.Jenis penelitian menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK), teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, Tes,
dan Dokumentasi dengan Analisis Data secara sistematis, relavan, dan
sintesis. Tempat Penelitian di SDN Kacangan I Malo Bojonegoro dengan
sample 11 siswa. Hasil Penelitian Menunjukan Peningkatkan
kemampuan menulis yang dari hasil pra- siklus nilai rata-rata anak 56,
meningkat di siklus I menjadi 67,2 akan tetapi belum mencapai standar
ketuntasan yang telah diterapkan dengan siswa yang mencapai KKM.
Kemudian Pada siklus II nilai rata- rata anak meningkat menjadi 83,4
yang telah mencapai standar
indikator ketuntasan yaitu (88%).
Downloads
Abstract views: 18
,
PDF Downloads: 23

