Penggunaan media gambar untuk meningkatkan kemampuan membaca kelas 1 sdn miyono ii kabupaten bojonegoro
Abstract
Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang sangat penting bagi keberhasilan akademik siswa Sekolah Dasar. berbagai penelitian sudah menunjukkan bahwa penggunaan media gambar secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Media gambar menghasilkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, memotivasi siswa, memvisualisasikan konsep, dan memperkuat daya ingat mereka. Melalui pendekatan berbasis gambar, siswa lebih mudah mengenali huruf, kata, dan maknanya, serta dapat memahami konteks kalimat dengan lebih baik. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan tindakan kelas di siswa kelas awal SD membagikan adanya peningkatan skor kemampuan membaca secara signifikan sesudah penerapan media gambar, baik dari segi pemahaman, kosakata, maupun kelancaran membaca. Selain itu, suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif, sehingga partisipasi serta minat belajar siswa juga meningkat. berdasarkan hasil-hasil penelitian tadi, dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif dipergunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran membaca permulaan, dan guru disarankan untuk mengintegrasikan media visual dalam strategi pembelajaran guna mendukung pengembangan literasi siswa secara optimal
Downloads

