Media flip book sebagai solusi kreatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi pada materi menjelajah bumi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Margomulyo I pada mata pelajaran IPA dengan media Flip Books. Dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan era saat ini yaitu era digital diharapkan dapat meningkatkan semangat dan keinginan siswa untuk belajar dengan senang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi lapangan dan analisis pembelajaran di kelas. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif untuk mengidentifikasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran IPA di kelas VI SDN Margomulyo I.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA di kelas VI SDN Margomulyo I belum sesuai dengan yang diharapkan, nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VI masih rendah dikarenakan metode pembelajaran dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan sehingga siswa merasa bosan dan tidak berminat dalam mengikuti pembelajaran.
Dari permasalahan yang dihadapi, peneliti mencoba menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan era saat ini yaitu era digital, dimana anak-anak tidak bisa lepas dari gadget atau android. Peneliti mencoba menggunakan media berupa buku digital atau biasa disebut Flip Book, dimana dengan media ini siswa tidak perlu membawa buku pelajaran atau buku bacaan jika ingin membaca atau belajar. Siswa hanya perlu membawa gadget atau androidnya dan dapat dibuka dimana saja, kapan saja dan dalam kondisi apa saja. Tampilan dari flipbook ini juga sangat menarik karena dapat disajikan dengan gambar-gambar yang menarik serta permainan edukatif yang dapat mereka kerjakan dimana saja.
Downloads

