Efektivitas penggunaan media kartu domino Aksara jawa untuk meningkatkan Keterampilan menulis pasangan aksara jawa Di kelas v sekolah dasa
Abstract
Penelitian ini mengevaluasi efektivitas media kartu domino aksara
Jawa dalam pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan
keterampilan menulis pasangan aksara Jawa siswa kelas V SD.
Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain one-
shot case study, data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan
analisis dokumen, lalu dianalisis menggunakan SmartPLS berdasarkan
teori efektivitas pembelajaran Slavin. Hasil menunjukkan media
dinilai valid dan mendapat respons positif, namun tidak terdapat
hubungan statistik signifikan antar variabel terhadap peningkatan
keterampilan. Temuan observasi justru mencerminkan peningkatan
keterlibatan dan efektivitas proses belajar. Disarankan penelitian
lanjutan dengan pendekatan mixed-method dan intervensi jangka
panjang untuk memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh
Downloads

