Penerapan kurikulum international Baccalaureate dalam proses pembentukan Karakter sesuai nilai pancasila siswa Sekolah dasar di surabaya
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan karakter
dalam pembentukan generasi muda yang berlandaskan nilai-nilai
Pancasila, khususnya di jenjang sekolah dasar. Kurikulum
International Baccalaureate (IB), yang bersifat global, dinilai
memiliki potensi untuk mendukung penguatan karakter siswa apabila
diintegrasikan secara kontekstual dengan nilai-nilai lokal seperti
Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode studi kasus yang dilakukan di salah satu Sekolah Dasar yang
menerapkan kurikulum IB. Pengumpulan data dilakukan melalui
wawancara mendalam dan observasi terhadap praktik pembelajaran
dan interaksi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai
Pancasila diinternalisasikan melalui strategi pembelajaran aktif, kerja
kelompok, kegiatan ekstrakurikuler, serta praktik refleksi diri yang
konsisten. Pembentukan karakter juga didukung oleh lingkungan
sekolah yang inklusif dan kolaboratif. Namun demikian, terdapat
tantangan dalam menjaga keberlanjutan nilai tersebut, terutama
dalam menghadapi keragaman latar belakang budaya dan keluarga
Downloads

