Respon kognitif pembelajaran materi Hubungan antar satuan baku berat berbasis Rme melalui budaya lelang bandeng di Sekolah dasar
Abstract
Desain pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education
(RME) merupakan solusi efektif untuk mengatasi masalah
pemahaman konseptual matematika di tingkat SD karena
pendekatannya yang berbasis pada konteks realistik. RME yang
berbasis etnomatematika seperti pada penelitian yang mengangkat
lelang bandeng Sidoarjo ini tidak hanya memperdalam pemahaman
konsep matematika, tetapi juga menghargai dan melestarikan kearifan
lokal yang ada. Penelitian ini memiliki tujan untuk mengetahui respon
kognitif peserta didik dalam pembelajaran materi hubungan antar
satuan baku berat berbasis RME melalui budaya lelang bandeng di
kelas 3 Fase B. Penelitina ini merupakan penelitian kualitatif dengan
metode design research. Pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi dengan peserta didik kelas 3C
SD Khadijah 3 Surabaya sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian
menunjukkan jika desain aktivitas pembelajaran mengalami
penyesuaian dan respon kognitif peserta didik menunjukkan hasil yang
baik
Downloads

