Metode sas berbantuan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas i sd

Authors

  • Nurul Hidayah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 Sekolah Dasar melalui penggunaan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media kartu kata. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan peserta didik masih rendah. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data  melalui observasi, tes membaca, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran dan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SD negeri soko I dapat ditingkatkan menggunakan metode SAS berbantuan media kartu kata. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata membaca permulaan peserta didik dan persentase ketuntasan peserta didik. Nilai rata-rata membaca permulaan pada siklus I yaitu 74 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 71%, meningkat pada siklus II sebesar 86 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 85%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 35