Penerapan pembelajaran quiz-quiz trade dalam meningkatkan kepercayaan diri berkomunikasi peserta didik pada pelajaran bahasa indonesia di sdn jamberejo i kedungadem
Abstract
Kepercayaan diri dalam berkomunikasi merupakan salah satu aspek
penting dalam menunjang keberhasilan interaksi sosial dan
perkembangan psikososial peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan model pembelajaran Quiz-Quiz Trade dalam
meningkatkan kepercayaan diri berkomunikasi peserta didik pada
pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jamberejo I Kedungadem. Metode
penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan dua siklus. Setiap
siklus melibatkan pre-test dan post-test dengan menerapkan model
pembelajaran Quiz-Quiz Trade. Hasil analisis data menunjukkan
adanya peningkatan yang signifikan pada skor rata-rata tingkat
kepercayaan diri berkomunikasi peserta didik setelah penerapan model
pembelajaran Quiz-Quiz Trade. Pada siklus 1 rata-rata meningkat dari
70,82 menjadi 74,16 pada siklus 2. Penerapan model pembelajaran
Quiz-Quiz Trade tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri peserta
didik dalam berkomunikasi, tetapi juga memberikan kontribusi
signifikan dalam perkembangan psikososial anak. Dengan
mendapatkan umpan balik positif, model ini mendukung proses
pembentukan identitas yang lebih solid dan mengurangi kebingungan
peran
Downloads
Abstract views: 34
,
PDF Downloads: 39

