Penerapan media game edukasi untuk meningkatkan hasil belajar pada materi sistem tata surya

Authors

  • Siti Saniyah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar
siswa kelas VI SD Negeri Meduri II, Kecamatan Margomulyo,
Kabupaten Bojonegoro pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
dan Sosial (IPAS) melalui penggunaan media game edukasi.
Permasalahan yang diidentifikasi adalah rendahnya minat dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui
observasi lapangan dan analisis proses pembelajaran di kelas. Data
dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi permasalahan
pembelajaran serta efektivitas penggunaan media game edukasi. Hasil
observasi awal menunjukkan bahwa siswa kurang tertarik dengan
metode pembelajaran yang digunakan sebelumnya dan hasil
belajarnya pun belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Oleh karena itu, intervensi dilakukan dengan menerapkan media game
edukasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran. Hasil dari siklus tindakan menunjukkan adanya
peningkatan baik dalam minat belajar maupun pencapaian hasil belajar
siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 19 , PDF Downloads: 29