Peningkatan hasil belajar materi aturan di Sekolah mata pelajaran pendidikan Pancasila melalui penerapan media gambar Kelas 1 sdn luwihaji ii kecamatan ngraho Kabupaten bojonegoro tahun Pelajaran 2024/2025

Authors

  • Sugiharti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas I SDN Luwihaji II pada materi “Aturan di Sekolah” dalam
mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan media
gambar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya rata-rata
hasil belajar siswa (55) dengan tingkat ketuntasan hanya 16%.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Instrumen pengumpulan data berupa tes, observasi aktivitas
siswa dan guru, serta catatan lapangan. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata siswa
meningkat menjadi 75 pada siklus I (ketuntasan 53%) dan 97 pada
siklus II (ketuntasan 100%). Siswa menjadi lebih aktif dalam
pembelajaran, mampu menafsirkan media gambar dengan baik,
dan menunjukkan perubahan sikap seperti tanggung jawab,
disiplin, serta kepedulian sosial. Media gambar terbukti membantu
siswa usia dini dalam memahami konsep abstrak melalui
pendekatan visual dan kontekstual. Dengan demikian, penerapan
media gambar secara sistematis dapat meningkatkan hasil belajar
sekaligus mengembangkan nilai karakter siswa dalam
pembelajaran Pendidikan Pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-01

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 21 , PDF Downloads: 25