Upaya meningkatkan hasil belajar konsep Bangun ruang balok dan kubus Menggunakan metode mind map pada siswa Kelas v sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa
kelas V SD Negeri Ngadiluhur I melalui penerapan metode Mind Map
pada materi bangun ruang balok dan kubus. Latar belakang penelitian
didasari oleh rendahnya ketuntasan belajar (36,8%) dan rata-rata nilai
awal (63,2) yang belum mencapai KKM (70), serta kurang optimalnya
proses pembelajaran konvensional. Penelitian tindakan kelas ini
menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus,
meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data
dikumpulkan melalui tes dan observasi, kemudian dianalisis secara
kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan
signifikan: pada Siklus I, ketuntasan mencapai 89,5% (rata-rata 78,9),
dan pada Siklus II, seluruh siswa (100%) tuntas dengan rata-rata 85,8.
Selain itu, siswa menjadi lebih aktif, kreatif, dan suasana pembelajaran
lebih kondusif. Meskipun memiliki keterbatasan dalam ruang lingkup
penilaian kognitif dan objektivitas penilaian Mind Map, penelitian ini
membuktikan bahwa metode Mind Map efektif sebagai inovasi
pembelajaran matematika di sekolah dasar. Temuan ini memberikan
implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran yang
interaktif dan berbasis visual.
Downloads
Abstract views: 25
,
PDF Downloads: 28

