Pengaruh model pembelajaran problem Based learning terhadap literasi siswa Kelas iv dalam soal cerita matematika di sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL
terhadap literasi siswa dalam soal cerita matematika. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pra-eksperimen
dengan desain one grub pretet – posttest design. Data dikumpulkan
melalui lembar tes. Hasil uji validasi lembar tes dinyatakan valid
dengan sedikit revisi. Dari total keseluruhan lembar tes sebanyak 20
soal, hanya terdapat 17 soal yang berkategori valid dan pada uji
reliabilitas pada lembar tes dinyatakan reliabel. Selanjutnya pada uji
normalitas didapatkan hasil yang menyatakan data tidak berdistribusi
normal, oleh sebab itu pengujian hipotesis dilakukan dengan cara
non-parametrik. Keefektifan model pembelajaran di ukur melalui uji
hipotesis yang mendapatkan hasil nilai signifikan sebesar (0,000 <
0,05) artinya terdapat pegaruh terhadap model pembelajaran.
Keefektifan model pembelajaran juga dihitung melalui uji N-gain
dengan hasil 0,50 yang menunjukkan peningkatan sedang. Dari
penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa adanya
pengaruh model pembelajaran PBL terhadap literasi siswa kelas IV
dalam soal cerita matematika
Downloads

