Peningkatan hasil belajar materi penjumlahan melalui pembelajaran kooperatif tipe tai (team assisted individualization) di kelas i sd negeri nganti i ngraho bojonegoro

Authors

  • Wiwik Mukhaini Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas I diSD Negeri Nganti I Kelas I, Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas I diSD Negeri Nganti I, Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro berjumlah 14 orang anak terdiri dari 7 laki-laki dan 7 perempuan.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dibulan januari 2025. Target penelitian ini adalah tercapainya standar ketuntasan minimal yakni secara individu siswa harus mencapai nilai 65 dan ketuntasan secara klasikal sebesar 85. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing- masing satu pertemuaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar Matematika pada materi operasi hitung bilangan di kelas I SD Negeri Nganti I Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2024/2025 ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan belajar refleksi awal angka ketuntasan sebesar 50% meningkat menjadi 66,7% pada siklus I dan meningkat menjadi 91,7% pada siklus II. Dengan demikian permasalahan penelitian dapat terjawab dan tujuan penelitian tercapai Kesimpulan darı penelitian ini adalah terjadi peningkatan prestasi belajar Matematika siswa kelas I SD Negeri Nganti I pokok materi penjumlahan bilangan dengan model pembelajaran kooperatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 28 , PDF Downloads: 30