Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran ipas

Authors

  • Muchamad Choerul Hidayat Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran di kelas yang cenderung pasif dan hasil pembelajaran yang rendah sehingga membutuhkan pendekatan yang efektif yaitu pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual pada kurikulum merdeka di SD Negeri Sidomukti I  dan untuk mengetahui implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual kelas IV mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka di SD Negeri Sidomukti I. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan juga penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Implementasi pendekatan kontekstual kelas IV mata pelajaran IPAS pada kurikulum merdeka KKTP (kriteria Ketercapaian tujuan pembelajaran) yang ditetapkan oleh guru IPAS kelas IV SD Negeri Sidomukti I  adalah 70. Pendekatan kontekstual lebih efektif diterapkan pada materi IPAS sedangkan kurang efektif pada materi IPS, dibuktikan dengan nilai IPAS yang lebih tinggi yaitu 84,21% dan nilai IPS 47,36%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-02

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 7