Implementasi nilai-nilai profil pelajar Pancasila dimensi kreatif kurikulum Merdeka pada kegiatan p5 di kelas iv Sekolah dasar

Authors

  • Imroatun Nazidah Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Metalin Ika Puspita

Abstract

SDN Rangkah VI/168 Surabaya telah menerapkan Kurikulum
Merdeka, termasuk pelaksanaan Profil Pelajar Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari. Namun, implementasi dimensi profil tersebut
belum sepenuhnya optimal, khususnya pada dimensi kreatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peran guru dalam
mengimplementasikan dimensi kreatif melalui kegiatan Projek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada siswa kelas IV. Kegiatan
P5 yang diangkat bertema Gaya Hidup Berkelanjutan dengan produk
berupa tas dari karung beras bekas. Penelitian menggunakan metode
deskriptif, serta teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
guru telah merancang dan melaksanakan kegiatan P5 sesuai dengan
tujuan dimensi kreatif. Siswa menunjukkan antusiasme dan
keterlibatan aktif dalam kegiatan. Namun, guru juga menghadapi
beberapa tantangan, seperti keterbatasan fasilitas dan rendahnya rasa tanggung jawab sebagian siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa
peran guru sangat penting dalam mendorong tercapainya dimensi
kreatif pada siswa, namun dukungan sarana prasarana dan penguatan
karakter siswa masih perlu ditingkatkan agar implementasi Kurikulum
Merdeka, khususnya pada dimensi kreatif, dapat berjalan lebih
optima

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 9 , PDF Downloads: 12