Engembangan powerpoint interaktif berbasis vct untuk Penanaman nilai - nilai pancasila di kelas v sd
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman nilai-nilai
Pancasila pada siswa kelas V SDN Pakis V 372 Surabaya. Mengingat
urgensi pemahaman Pancasila, pengembangan media dilakukan
dengan memanfaatkan PowerPoint Interaktif berbasis model Value
Clarification Technique (VCT). Metode penelitian yang digunakan
adalah Research and Development (R&D). Data dikumpulkan melalui
validasi ahli, angket respons guru dan siswa, serta pretest-posttest.
Subjek penelitian melibatkan 10 siswa untuk uji coba terbatas dan 29
siswa untuk uji lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
yang dikembangkan memiliki tingkat validitas tinggi dan dinilai
sangat praktis berdasarkan respons guru serta siswa. Keefektifan
media terbukti signifikan dengan peningkatan hasil belajar siswa (sig.
0.001). Data hasil belajar terdistribusi normal, dan nilai N-Gain rata-
rata menunjukkan kategori sedang pada uji terbatas maupun uji
lapangan. Dengan demikian, media PowerPoint Interaktif berbasis
VCT ini efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman
nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah dasar. Implikasi dari penelitian
ini adalah bahwa penggunaan media interaktif berbasis VCT dapat
menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran nilai-nilai Pancasila,
khususnya di jenjang sekolah dasar.
Downloads

